oleh

Prof.Dr. Tjung Hauw Sin, MPd. Kons : Profesi Pendidikan Adalah Panggilan Tuhan

-Peristiwa-136 Dilihat

Padang- Prof. Dr. Tjung Hauw Sin, MPd. Kons baru saja dikukuhkan sebagai guru besar Universitas Negeri Padang (UNP) dengan gelar Profesor. Satu gelar tertinggi pada dunia akademik. Namun beliau tetap rendah hati. Itulah Profesor Sindra ibarat padi, makin berisi makin menunduk.

“Untuk apa kita sombong, profesi pendidikan bagi saya adalah panggilan Tuhan. Saya ingin mengabdi dan fokus pada dunia pendidikan, yaitu melayani, mendidik untuk kemajuan masyarakat dan bangsa,” ujar Prof. DR. Tjung Hauw Sin, MPd. Kons didampingi istri Dr. Beatrix Benni SH. MPd, MKn, usai pengukuhan guru besar Sabtu (27/8/22) di UNP.

Tjung Hauw Sin meraih gelar Profesor diawali dari SPG, lalu dilanjutkan ke IKIP atau UNP. Kesetiaanya pada UNP, dapat pujian oleh Dekan Fakultas Ilmu Olahraga (FIK) Profesor. DR. Alnedral, MPd.

”Keluarga besar FIK sangat bangga dengan pak Sin. Ini patut dicontoh bagi yang lain, Sesuai nawacita yang digaungkan presiden, beliau memiliki kecerdasan, kesadaran, dan kesantunan yang diimpelentasikan dalam bekerja” ujarnya. Dekan FIK UNP, Prof Adnedral, menyebutkan, Tjung Hauw Sin karakternya luar biasa. Satu-satunya Guru Besar keturunan Tionghoa di FIK UNP.

Tak hanya Dekan FIK yang memuji, Rektor UNP, Prof. Ganefri, PhD juga memberi aplus kepada Prof. DR. Tjung Hauw Sin, yang membanggakan Civitas akademika UNP. Karena kampus tidak memandang suku ras dan agama.

“Ini terbukti dengan dikukuhkan Prof. DR. Tjung Hauw Sin, MPd, Kons menandakan UNP sangat nasionalis dan menghargai keberagaman. Untuk itu, saya berharap saudara-saudara kita etnis Tionghoa dapat berkontribusi pada dunia pendidikan. Jadi tidak selalu bergelut pada bisnis saja, mudahan-mudahan akan ada yang mengikuti jejak Prof. DR. Tjung Hauw Sin,” ucap Rektor UNP kepada pers.

Baca juga  Prof. DR. Syahrial Bakhtiar Tuntut LSM Mamak

Pria yang juga akrab disapa Heryanto Sindra ini merupakan satu-satunya dan pertama berasal dari etnis Tionghoa yang meraih gelar profesor di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP. “Saya berjuang untuk beliau, kita ingin menunjukkan kepada bangsa, terkhusus di Sumbar tidak ada diskriminasi. Keberagaman itulah modal kita,” kata Prof.Ganefri.

Prof. DR. Tjung Hauw Sin, MPd, Kons, pada orasi ilmiah berjudul Urgensi Psychological Readines, Motivasi Atlet dan High Touch Pelatih dalam Olahraga. Beliau menempuh pendidikan di kota Padang. Menamatkan Sarjana Kepelatihan di UNP (1985), Magister Bimbingan dan Konseling UNP (2001), dan meraih gelar doktor Ilmu Pendidikan UNP (2010).

Kini mengabdi sebagai dosen FIK UNP. Beragam kegiatan telah diikuti dan artikel ilmiah telah terbit nasional serta internasional, serta kini meraih gelar Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Pendidikan Olahraga.

Begitu usai pengukuhan guru besar, ucapan selamat berdatangan untuk Prof. DR. Tjung Hauw Sin, MPd, salah satunya dari direktur teknik timnas Indra Syafri, Christinie Hakim dan pengusaha atau Tuako, Feriyanto Gani serta tokoh-tokoh olahraga nasional. Maklum saja, beliau adalah mantan pelatih fisik timnas Futsal tahun 2002 dengan Haji Suhatman Imam.

Sebelumnya Prof. Sindra dikenal sebagai pelatih fisik dan konselor tim Semen Padang FC dan PSP Padang pada kompetisi Liga Indonesia. Selain itu dia juga pernah mengabdi sebagai pengurus di KONI Sumbar dan dipercaya pula jadi konselor atlet PON kontingen Tuah Sakato beberapa priode kepengurusan KONI Sumbar.  (almadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *