oleh

Disparporabud Pasaman Gelar Kegiatan Belajar di Museum Tuanku Imambonjol

-Daerah-66 Dilihat

Pasaman-Kegiatan yang amat positif bagi pembentukan Karakter dan Penanaman Jiwa serta Rasa Patriotisme di kalangan Generasi Muda Pasaman, terutama dikalangan para Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda, Olah Raga dan Budaya Kabupaten Pasaman mulai tanggal 19 – 21 Juli 2022 kemaren.

Adapun kegiatan Belajar Bersama para siswa ini , diikuti sebanyak 400 orang siswa, plus para guru yang mendampingi, dengan Dua orang nara sumber yakni Edy Utama dari Budayawan dan Ibu Novianty Awalaudin SH. MH dalam jabatannya saat ini Ketua Asosiasi Museum Seluruh Indonesia atau yang disingkat AMIDA,  yang dalam penyampaian narasinya dampingi oleh Kabid Budaya Disparpirabud Pasaman dan Kasmawita selaku Pamong Budaya.

Terkait dengan kegiatan Belajar Bersama para siswa atau Generasi Muda Pasaman ini yang dibuka lansung oleh Kadis Parporabud Pasaman Ade Harlien SSTP, M.Sc yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan Karakter anak dan jiwa Patriotisme nya perlu tidak saja intuk dirinya juga untuk Bangsa dan Negara kita. Generasi Muda Pasaman harus mewarisi semangat juang Tuanku Imam Bonjol yang tidak takut sehebat apapun musuh.

Sementara itu Kabid Budaya Disparporabud Jaafar SH yang didampingi Pamong Budaya Kasmawita S.Pd menyampaikan, bahwa kegiatan Belajar Bersama ini yang diikuti oleh para Siswa Sekolah Dasar dan SMP ini merupakan perwakilan dari sekolah – Sekolah yang ada disetiap Kecamatan terkecuali dari Mapat Tunggul Selatan, jadi hanya diikuti oleh perwakilan dari Sebelas Kecamatan.

Kegiatan Belajar Bersama ini, ungkap Jaafar mengambil Tema “ Museum Merupakan Wahana Media Informasi, Edukasi, dan Daya Tarik Wisata Menuju Generasi Muda Yang Berkaraktet. Oleh Jaafar selaku Kabid Budaya Disparporabud juga menyampaikan, bahwa Materi dalam Belajar Bersama ini adalah Museum sebagai sumbet belajar Warisan Budaya yang disampaikan oleh Bapak Edy Utama. Sedangkan Materi yang satu lagi “ Museum sebagai Media Bagi pembentukan Karakter dan menumbuhkan semangat Patriotisme.

Baca juga  Kadisnav Kelas II Teluk Bayur, Faisal Indra Agus Berharap Menjelang Akhir Tahun 2022 Target Kinerja Tercapai

Lebih jauh ole Jaafar dan Kasmawita disampaikan kalau tahun 2022 ini peserta berjumlah 400 orang , maka untuk tahun 2023 nanti  , pesertanya akan ditingkatkan lagi, karena kegiatan Belajar Betsama ini akan diselenggarskan setiap tahunnya dan menjadi salah satu kegiatan Bidang Budaya dan kegiatannya tetap dilaksanakan Di Mesum Tuanku Imam Bonjol sesuai dengan BOP Non Fisik yang merupakan kegiatan berkedinambungan dari Bidang Budaya. ( AMRI / INDAH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *