oleh

Syaiful: Cabor Esport Dipertandingkan di Porprov Sumbar

-Olahraga-130 views

Cabang olahraga mileniel Esport bakal dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2020. Cabor ini juga jadi anggota KONI Sumbar. Artinya,  semua fasilitas yang didapat cabor lain juga diperoleh Esport.

“Kita tidak ada menganak tirikan cabor. Dimata KONI semua cabang olahraga sama meski mereka baru terbentuk. Jadi wajar Esport pada Porprov nanti menggelar pertandingan eksebisi agar masyarakat tahu,” ujar Syaiful Ketum KONI Sumbar.

Untuk menggelar pertandingan eksebisi Esport tidak perlu venues, dimana saja bisa asal ada internet.”Ini kelebihan cabot esport dibandingkan yang lain,” ujar Ketua Bidang Organisasi Pengrprov Esport, Fajril Ale.

Sebelumnya, pengurus Esport Sumbar telah dikukuhkan secara serentak se-Indonesia di 34 provinsi, untuk Provinsi Sumbar dilakukan di Padang.Untuk pertama kalinya dalam sejarah pelantikan organisasi olahraga nasional.

Pengukuhan itu dilakukan secara virtual live melalu layar televisi, serentak diseluruh Indonesia.Pengurus Esports Provinsi Sumbar diantaranya juga resmi dilantik oleh Ketua Harian PB E-Sport, Irjen Pol, Bambang Sunarwibowo, melalui video serentak di 34 Provisi se-Indonesia, Sabtu (14/3/2020).

Ketua Harian Esports Sumbar Robby Febriansyah usai dilantik mengatakan, akan melakukan konsolidasi organisasi baik kedalam maupun keluar. Caranya, tentu menyiapkan pengurus Esports untuk tingkat daerah di Kabupaten dan Kota di wilayah Sumbar. Dimana permainan game mobile ini bersifat kompetitif.Robby juga menambahkan, klub-klub Esports yang ada di Sumbar dipersilahkan bergabung dan mendaftarkan diri, untuk dipersiapkan menjadi atlet Esports Sumbar disetiap ajang nantinya.

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, MHum, mengakatan, sangat mengapresiasi proses pelantikan ini karena berbeda dengan pelantikan cabang olahraga laizimnya. Menurutnya, Esports ini perkembangan yang sangat pesat dan terkesan efisien.

Syaiful mengatakan, Esports memang baru, akan tetapi cabor ini di Sumbar berkembang dengan pesat. Dimana Esports ini sangat digandrungi anak muda dan banyak atlet berbakat di sini, bahkan ada pindah ke tempat lain.”Jadi kita minta pengurus yang baru terbentuk segera mendata atletnya,”ujarnya.

Baca juga  Kadispora Buka Raker KONI Sumbar

Ketua Harian, Robby Febriansyah menyebutkan, program edukasi sangat perlu dilakukan untuk pencinta game yang mayoritas masih berusia muda. Hal ini peru dilakukan agar mereka tidak kebablasan dan membuat mereka mengabaikan pendidikan yang dijalani. Lebih baik mereka menjadi Pro Player, karena akan mendapat banyak keuntungan.

“Gamer usia SMA saja bisa berprestasi di nasional. Seperti gamer SMA Don Bosco mampu menjadi juara nasional. Makanya edukasi adalah hal paling penting yang menjadi program utama E-Sport. Agar mereka bisa terarah menyalurkan bakat, mendapat uang dari hasil bermain game, bukan hanya sekedar bermain game saja,”terangnya.

Sekretaris E-Sport Sumbar Adhitra Cipta Ramadhana menjabarkan, semua game yang menggunakan teknologi baik mobile atau PC masuk dalam E-Sport. Bedanya ada game yang menyelenggarakan kejuaraan ada yang tidak. Game yang sering dipertandingkan ialah PUBG, Mobile Legend, Point Blank, Winning Elevem dan jenis lainnya.

“Sebenarnya tidak semua games adalah E-Sport, tapi semua E-Sport adalah games. Untuk regulasi game mana saja yang masuk agenda resmi E-Sport, kita masih menunggu dari pusat usai Rakernas E-Sport,” Ujarnya

Ketua Bidang Organisasi E-Sport Fazril Ale menambahkan, E- Sport adalah cabang olahraga baru yang sudah dipertandingkan di Asian Games dan Sea Games. Bahkan Indonesia dapat medali perak di dua ajang itu.

Namun semua belum diatur regulasinya. Sehingga Chapter E-Sport di Sumbar juga belum bisa dengan cepat membuat kepengurusan di daerah. Nanti akan dibahas dalam Rakernas, karena hirarkinya dari atas sesuai AD/ART

“Nanti setelah Rakernas baru kita bergerak membuat struktur kepengurusan di daerah. Setelah itu baru kita lakukan edukasi dan sosialisasi besar-besaran, agar merambah ke seantero Ranah Minang,” Paparnya.

Baca juga  Weng Syamsi Bersedia Bantu Atlet Layar Sumbar

Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumbar dan kabupaten kota se Sumbar serta perguruan tinggi yang ada di Sumbar, agar edukasi tentang E-Sport bisa tersampaikan dengan baik. (fitri)

Susunan Pengurus Esport Indonesia Provinsi Sumbar

Penasehat :

Prof. H. Ganefri, M.Pd, Ph.DSyaiful, SH, MHumAsril, SH

Ketua : Nur Djatmiko (Kabinda Sumbar)

Ketua Harian : Robby Febriansyah

Sekretaris : Adhytra Cipta Ramadhana, SHWakil Sekretaris: Ivo Dimeria Krisni, SE

Bendahara : Defri Nasli, SH, MKnWakil Bendahara: Siti Rahzana Gusesya, S.Kom

Bidang Organisasi :

Ketua: Drs. Fazril AleWakil Ketua: Musfi Yendra, S.Ip, M.i

Bidang Wasit & Pelatih :

Ketua: Muhammad Firza Prakasa, Amd.KomWakil Ketua: Rifda Agust Muhendra

Bidang Kompetisi :

Ketua: Khalif HadiWakil Ketua: Dendy Rizki Mulyana.

 

Tentang Penulis: mediasin

Gambar Gravatar
Mediasi News Online Adalah Media Online Yang Menyajikan Berita Sesuai Data dan Fakta, Tanpa Ada Unsur Hoax

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *