oleh

UNP Gelar Kuliah Umum dan Jalin Kerjasama

-Daerah-59 views

Universitas Negeri Padang (UNP) jalin kerjasama dengan puluhan dunia usaha/industri dalam rangka mendekatkan lulusan dengan user atau wirausaha. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan bersama antara UNP dengan perusahaan tersebut di auditorium UNP, Kamis, 5 Maret 2020.

Puluhan perusahaan itu diantaranya PT Semen Padang, PT Kunango Jantan, Grand Inna hotel Padang, Daima Hotel, Pangeran Beach Hotel, Whitz Prime Hotel Padang, PHRI, Dinas Pariwisata Sumbar, Novotel Bukittinggi, Kryad Bumiminang, dll.

Hadir dan menyaksikan kerjasama itu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam,M.Sc.,DIC., Ph.D. Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, Pemilik Ruang guru Iman Usman, dan perwakilan dari berbagi industri dan usaha.

Rektor UNP Ganefri mengatakan kerjasama dengan industri diperuntukkan untuk mahasiswa magang dan praktik kerja. “Sehingga bukan hanya sekedar magang namun juga terampil dengan skill yang dimilikinya. Nantinya mereka akan di tes skill nya terlebih dahulu apakah layak untuk magang di perusahaan tersebut atau tidak karena juga akan digaji,” katanya usai penandatanganan.

Ia mengatakan kerjasama ini akan mulai dilakukan pada tahun ajaran tahun 2021. “Mulai dari Juli sampai dengan Desember sehingga berdurasi selama enam bulan. Industri hanya mau enam bulan, tidak mau dua atau tiga bulan,” tuturnya.

Menurutnya kerjasama dengan 15 industri dan dan dunia usaha juga dalam rangka mendukung gerakan merdeka belajar di UNP. “Ini salah satu langkah dalam mewujudkan kampus merdeka seperti yang dicanangkan oleh Mas Menteri. Dengan adanya program ini, nantinya akan ada pilihan-pilihan bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuan diri yang dimilikiatanya saat memberikan sambutan.

“Sehingga diharapkan 15 industri ini bisa menampung mahasiswa kita, baik untuk magang atau praktik kerja dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkontribusi bagi perusahaan itu,” jelasnya.

Baca juga  Selama September, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Rp 105,5 Juta Kepada Mustahik

Dalam penandatanganan MoU itu, juga dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam,M.Sc.,DIC., Ph.D terkait kampus merdeka, dan launching kampus terbuka.

Kuliah umum dicanangkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Ir. Nizam,M.Sc,DIC,pH.D. kamis 5 maret 2020 di auditirium unp sumbar.

Rektor UNP Prof. Ganefri,Ph.D menjelaskan, program ini memberikan ruang dan kebebasan bagi mahasiswa untuk menambah kompetensi diluar prodinya. Misalnya mahasiswa jurusan akuntansi, dia butuh pendalaman tentang informasi dan teknologi serta programming, dia bisa mengambil prodi yang ada, maupun di perguruan di perguruan  tinggi yang lain,” kata Ganefri.

Lebih lanjut Rektor UNP Prof. Ganefri,Ph.D menjelaskan, program ini memberikan ruang dan kebebasan bagi mahasiswa untuk menambah kompetensi diluar prodi yang diambilnya.  Mahasiswa unp akan diberikan kebebasan, untuk belajar diluar prodinya selama tiga semester, dan itu bisa diambil didalam institusional university maupun di luar UNP  Padang sendiri, dan ada standar nasional pendidikan tinggi permen dikbud no 3  THN  2020, yg mengatur tentang standar Nasional pendidikan tinggi. ucapnya

Tercantum  Peraturan – peraturan tersebut terdapat dalam pasal 18. dalam pasal tersebut  dipaparkan , khusus program sarjana dan sarjana terapan, di samping bisa menyelesaikan semua studinya dan semua mata kuliah yang di programkan menjadi beban belajarnya di prodi itu.

Ia mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha dan industri, untuk mendukung program ini, baik  dalam negeri  ataupun di luar negeri. “Ini akan terus kita kembangkan,” 

Sementara itu, kata Ganefri ada mahasiswa asing yang sedang belajar di UNP sebanyak 25 orang dan mahasiswa UNP yang ada di luar sekitar 8 orang. Upaya itu dapat terwujud jika dilaksanakan selama satu semester,” ujarnya.

Baca juga  SPH Raih Penghargaan RS Terbaik Pencatatan Pelaporan TB Bulan Oktober 2020

Untuk mewujudkan program gerakan merdeka belajar” kampus merdeka”  UNP melakukan kerjasama dengan sejumlah pengusaha hotel dan BUMN yang ada di sumbar. Kerjasama ini untuk mendukung kegiatan mahasiswa dan dosen dalam mengimplementasikan program –program tersebut. (fitri)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *