oleh

PTSP Sumbangkan 202 Kantong Darah untuk PMI Kota Padang

-Daerah-15 views

PADANG  – Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu, PT Semen Padang berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, menggelar kegiatan sosial berupa donor darah, Rabu (3/2/2021).

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang, sebanyak 202 kantong darah berhasil disumbangkan PT Semen Padang ke PMI Kota Padang. Donor darah dengan tema “Setetes Darah Anda, Berarti Nyawa Bagi Mereka” itu, dibuka Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri.

“Semoga darah yang didonorkan ke PMI ini dapat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah,” kata Oktoweri didampingi Ketua Panitia Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang Musytaqim Nasra, Kepala Unit CSR Semen Padang Muhammad Ikrar dan Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati.

Donor darah ini, kata Oktoweri, merupakan kegiatan rutin yang digelar PT Semen Padang tiga kali dalam setahun. Salah satunya, digelar dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang.

Namun karena pandemi Covid-19, pelaksanaan donor darah yang biasanya digelar tiga kali dalam setahun oleh PT Semen Padang, pada tahun 2020 hanya digelar sebanyak dua kali, karena dampak pandemi memaksa perusahaan untuk mengurangi segala kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Meski begitu, sebut Oktoweri, ke depan PT Semen Padang akan berupaya melaksanakan kegiatan donor darah tiga sampai empat kali dalam setahun, karena PT Semen Padang telah menerapkan protokol kesehatan untuk setiap kegiatan yang digelar di lingkungan perusahaan, termasuk donor darah.

“Ke depan kami usahakan sampai empat kali, karena kami yakin bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Apalagi sejak pandemi, PMI kekurangan stok darah dan donor darah ini hanya pengorbanan yang paling ringan bagi karyawan Semen Padang Group di masa pandemi ini,” bebernya.

Baca juga  HUT ke-111, PT Semen Padang Bagikan Empek-empek

Ketua Pantia Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang Musytaqim Nasra berterimakasih kepada PMI Kota Padang yang telah memfasilitasi PT Semen Padang untuk kegiatan donor darah, begitu juga kepada pendonor. “Kami berharap darah yang dikumpulkan hari ini, dapat bermanfaat untuk menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan darah di rumah sakit,” katanya.

Ketua Harian PMI Kota Padang Zaiful Zakaria, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menggelar donor darah di masa pandemi ini, apalagi PT Semen Padang merupakan satu-satunya BUMN di Sumbar yang konsisten menggelar kegiatan donor darah.

“Selama pandemi, kami kekurangan stok darah hampir 85 persen dan kekurangan itu bisa dikatakan sebagai bencana darah, kriris darah. Di Sumbar, tidak banyak perusahaan besar yang menggelar kegiatan donor darah. PT Semen Padang, merupakan BUMN yang konsisten membantu PMI dalam mengatasi masalah bencana darah,” katanya.

Oleh sebab itu, sebut Zaiful, dirinya mewakili PMI Kota Padang, mengucapkan terimakasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah menggelar kegiatan donor. “Semoga, apa yang dilakukan PT Semen Padang ini dapat menjadi amal ibadah bagi karyawan dan keluarga besar Semen Padang Group, terutama bagi yang telah mendonorkan darahnya ke PMI Kota Padang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Zaiful juga mengajak seluruh keluarga besar Semen Padang Group yang menjadi penyitas atau pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 untuk ikut donor plasma konvalesen yang penuh dengan zat antibodi untuk ditransfusikan kepada pasien yang masih dirawat.

“Para penyintas bisa ikut donor dan kami siap memfasilitasi penyintas yang ingin donor plasma konvalesen untuk ditransfusikan kepada pasien yang masih di rawat,” pungkas Zaiful.(almadi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *