oleh

Mendag RI Tinjau Pasar Raya Padang, Fase VII Bakal Dibenahi

 
PADANG – Atas nama Pemerintah Kota Padang, Plt Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi yang telah melakukan kunjungan ke Kota Padang. 
 
Diketahui, dalam lawatannya ke Padang menteri tersebut tengah melakukan sejumlah agenda penting, terutama sekali tengah berupaya membantu pembenahan Pasar Raya Padang ke depan. M. Lutfi pun tiba di Padang Senin siang (5/4/2021) kemarin.
 
Menteri berdarah Minang itu pun memulai agenda dalam kunjungannya ke Kota Bingkuang pada Selasa pagi (6/4/2021) dengan mengunjungi Marawa Resort Pantai. Objek wisata yang berada di kawasan Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan itu, diketahui bakal dijadikan sebuah destinasi wisata baru dan kini sedang tahap pembangunan. 
 
Setelah itu, Mendag pun siangnya melanjutkan kegiatan dengan melakukan peninjauan ke Pasar Raya Padang. Dalam peninjauan tersebut ia melakukan sejumlah agenda, dimulai dari peninjauan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang Pasar Raya Padang di lantai I Blok III Pasar Raya Padang. 
 
Selain itu dilanjutkan peninjauan harga barang kebutuhan pokok sembari meninjau kawasan Fase VII Pasar Raya Padang. Peninjauan pun diakhiri menteri di Masjid Taqwa Muhammadiyah sembari melakukan diskusi bersama para pedagang pasar.
 
“Alhamdulillah, atas nama Pemko Padang, pedagang pasar dan juga warga Kota Padang, kita tentu sangat menyambut baik atas kedatangan bapak Mendag RI M. Lutgi dan juga Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade. Kita berharap, semoga bapak menteri bisa membantu mencarikan solusi terhadap segala upaya yang tengah dilakukan. Terutama dalam hal ini pembangunan fase VII Pasar Raya Padang,” ucap Plt Wako kepada wartawan usai mendampingi Mendag melakukan peninjauan ke Pasar Raya Padang, Selasa siang (6/4/2021).
 
Menurut Hendri, yang terpenting saat ini adalah bagaimana mencarikan solusi terbaik bagi kemajuan pasar dan pedagang yang berjualan di fase VII Pasar Raya Padang. Ia pun mengaku, Pemko Padang memang sudah sejak lama mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahn fase VII tersebut.
 
“Termasuk mengajukan permohonan bantuan ke Pemerintah Pusat, namun belum jebol-jebol juga. Maka itu sekali lagi kita bersyukur harapan kita terjawab seiring adanya kunjungan pak Mendag kali ini. Alhamdulillah beliau telah menyatakan siap mendukung pembangunannya ke depan,” sebutnya. 
 
“Kita telah serahkan proposal permohonan pembangunan fase VII ini senilai lebih kurang Rp200 milyar. Kita berharap jika terwujud nantinya, di samping fase VII dibenahi kalau bisa juga dibangun terminal di lantai bawah gedung. Sehingga lalu lintas pun menjadi teratur dan pedagang pun bisa berjualan dengan tertib ke depan,” pungkas Plt Wako mengakhiri.
 
Sementara itu Mendag M. Lutfi mengatakan, kunjungannya ke Padang kali ini khususnya di Pasar Raya Padang untuk mendukung pembenahan Pasar Raya Padang .
 
“Terutama di pasar fase VII. Kita berkomitmen bagaimana melalui dukungan APBN dapat membereskan proses pembangunannya ke depan. Mudah-mudahan setelah fase VII ini dibenahi maka akan memperbaiki kegiatan ekonomi Kota Padang. Kita akan berupaya selesaikan segala proses perencanaan pembangunan dan kesiapan anggarannya. Saya juga akan koordinasikan dengan Mentri PUPR dan Mentri Bappenas. Insya Allah saya akan balik lagi ke Padang akhir Mei 2021 atau setelah lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah,” ungkapnya.
 
Selanjutnya terkait besar anggaran yang diupayakan serta desain pembangunan gedung fase VII ke depan, Mendag mengaku akan mengkaji kembali secara detail. Begitu juga bagi para pedagang kaki lima (PKL), ia tetap akan memikirkannya ke depan. 
 
“Setelah semuanya sudah disiapkan, diharapkan bisa dilakukan pembangunannya di tahun depan. Saya akan membantu untuk urusan administrasi di Pusat. Untuk Pemko Padang juga diharapkan dapat membereskan aturan-aturan dan penataannya. Kita harapkan pedagang ikut mendukung, karena memang semua pihak itu harus berkolaborasi,” ujarnya.
 
M. Lutfi juga menyebutkan, sewaktu melakukan peninjauan langsung terhadap bahan kebutuhan pokok jelang Ramadan ini ia mendapati baik stok kebutuhan pokok aman dan cukup.  Sementara harganya relatif stabil. 
 
“Harga beras saat ini stabil, sementara harga gula naik sedikit di tas harga normal. Hanya yang agak naik harganya yaitu minyak goreng. ” cetusnya mengakhiri. Sementara lainnya alhamdulillah cukup stabil,” tukasnya.
 
Tak hanya itu Mendag juga memberikan apresiasi kepada Pemko Padang yang dinilai berhasil melakukan vaksinasi kepada sebanyak 4.000 pedagang di Pasar Raya Padang. 
 
“Capaian ini patut kita apresiasi karena hampir mencapai target. Atas nama Pemerintah Pusat kami berterima kepada jajaran Pemko Padang,” tandasnya.(*)
Baca juga  Pengurus Masjid Al Hijrah Gelar Halal Bi Halal, Hadir kan  Ustadz Kondang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *